Sunday, January 13, 2019

Cara Mengobati Suara Serak

Cara Mengobati Suara Serak


Pernahkah anda mengalami suara serak ? Terkadang, suara serak dapat membuat seseorang menjadi lebih menarik. Tetapi, jika suara serak terus menerus terjadi, bukan tidak mungkin anda akan merasa terganggu. Seseorang yang mengalami suara serak yang cukup parah akan mengalami kesulitan bicara  serta mengalami rasa tidak nyaman di tenggorokan. Berikut ini akan dibahas mengenai penyebab suara serak dan cara mengatasi suara serak tersebut.

Suara serak umumnya disebabkan oleh iritasi atau cedera pada pita suara. Suara serak dapat disebabkan oleh beberapa kondisi, diantaranya radang tenggorokan akut yang paling sering ditimbulkan oleh infeksi saluran pernafasan bagian atas, atau karena terlalu sering menggunakan suara seperti berteriak - teriak ataupun bernyanyi. 

Berikut ini merupakan beberapa penyebab lain yang dapat menimbulkan suara serak diantaranya adalah :

·         Refluks asam lambung
·         Alergi
·         Iritasi pada saluran pernafasan
·         Merokok
·         Gangguan tiroid
·         Trauma pada laring atau pita suara
·         Kondisi saraf seperti penyakit Parkinson atau stroke

Suara serak biasanya ditandai dengan kondisi suara yang terdengar kasar atau pecah. Hal ini juga ditandai dengan adanya perubahan nada atau volume suara. Suara serak juga dapat ditandai dengan sulitnya mengeluarkan suara ketika hendak berbicara. Saat sedang serak, tenggorokan anda mungkin terasa sakit, perih seperti terbakar, atau gatal.

Cara mengobati suara serak

Pengobatan pada suara serak umumnya dilakukan tergantung pada penyebabnya. Berikut ini merupakan langkah - langkah pengobatan ketika anda mengalami suara serak :
  • Jika anda mengalami laryngitis akut yang disebabkan oleh infeks saluran pernafasan atas, biasanya dokter akan menganjurkan anda untuk istirahat dirumah.
  • Pengobatan dengan menghirup uap juga dapat membantu agar suara normal kembali. Untuk melakukannya, anda dapat menyiapkan air panas dalam mangkok atau baskom besar. Kemudian, posisikan kepala anda diatas baskom tersebut dan hirup uapnya yang hangat. Anda dapat menutupi kepala dengan handuk atau kain yang cukup tebal supaya uapnya tidak cepat hilang dan terlepas ke udara.
  • Anda juga perlu mengistirahatkan suara anda guna menghindari iritasi lebih lanjut atau cedera pada pita suara.
  • Disarankan untuk berhenti merokok bagi orang - orang yang merokok.
  • Dalam beberapa kasus, mungkin pembedahan atau perawatan lebih lanjut akan dilakukan jika terdapat pembengkakan pada laring atau bahkan kanker laring.

Tips mencegah suara agar tidak serak

  • Jangan berteriak - teriak atau berbicara keras dalam jangka waktu yang lama.
  • Terapis suara atau guru menyanyi dapat membantu anda, untuk membantu melatih suara tanpa harus membuatnya menjadi serak.
  • Berhenti merokok adalah salah satu solusi untuk mencegah terjadinya suara serak.
  • Orang dengan suara serak yang disebabkan oleh refluks asam lambung sebaiknya harus menjaga pola makan dan hindari alkohol, kafein, serta makanan pedas.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search